Diet: Nggak Melulu Soal Penampilan

by - April 17, 2018


Santai aja, ini perutku juga belum yang flat sempurna kok. Kemarin-kemarin sempet udah ada mid sectionnya yang seksih gitu, tapi trus ilang lagi seiring dengan semangat workout yang mengendur. Hihihi.


Seringnya orang diet biar kurus langsing punya tubuh semampai bak supermodel. Kalau niatnya aja udah salah, cara dietnya apa lagi. “Aku sedang diet maka aku nggak makan.” Itu salaaaah. Diet toh dalam arti yang sebenarnya bukannya nggak makan tapi mengatur pola makan. Dan ini nggak bisa dipukul rata dengan metode diet yang sama karena kebutuhan tubuh tiap orang beda. Metode diet tertentu bisa bagus banget sukses gilang gemilang di satu orang, tapi belum tentu memperlihatkan hasil yang sama di orang lain. 

Jangankan tubuh orang yang beda, orang tubuh satu orang yang sama dengan aktivitas yang berbeda aja kebutuhan makannya udah beda lagi. Dulu pas aku masih banyak aktivitas fisik, makannya lebih banyak daripada sekarang pas nggak terlalu banyak aktivitas fisik. Kalau dulu kerja pulang malam, berdiri berjam-jam, lari-lari ke sana ke mari, angkat-angkat baju berkoli-koli ya wajar kalau jadi lebih laper dan tubuh menuntut ganti makan yang lebih banyak. Kalau kebiasaan makan banyak itu aku lanjutin sekarang ketika kegiatanku lebih banyak duduk depan laptop ya pasti aku jadi gemuk. Soalnya makanan yang masuk nggak seimbang sama energi yang dibakar. Nha, ngerti kebutuhan tubuh sendiri ini yang emang nggak gampang. Perlu proses panjang, mungkin perlu gagal diet berkali-kali dulu sampai ketemu satu metode yang pas. 

Kalau aku untungnya suka bisa ngerasain. Begitu makan rada banyak dan berat badan naik, pasti merasa nggak nyaman. Bukan hanya soal pakaian yang jadi terasa lebih sempit, tapi juga badan dipakai beraktivitas itu nggak enak. Berat, jadi kurang gesit. Udah gitu jadi gampang lelah lagi. 

Trus aku juga tahu banget aku lemah sama nasi putih. Nasi putih di aku itu bagaikan kryptonite buat Superman. Jadi aku kalau makan nasi putih lebih dari satu porsi per hari pasti bakal jadi gemuk. Kalau pun mau makan nasi sehari tiga kali ya porsi nasi putihnya masing-masing dikit, maksimal sepertiga porsi normal. Anehnya, aku kalau makan gorengan mau sebanyak apa juga biasa aja, nggak bikin gemuk. Padahal gorengan itu kan karbohidrat yang digoreng. Hahaha. Aneh kan? Ya aku juga heran. 

Aku ngatur pola makan bukan hanya biar bisa jadi langsing (meskipun ya, bentuk badan ideal juga membuatku bahagia, ngahahaha). Tapi kayak yang temenku bilang, gemuk itu bukan kondisi ideal manusia. Manusia bisa menua, kulit bisa menjadi keriput, itu memang hukum alam. Pada akhirnya tetep akan terjadi. Tapi gemuk? Tumpukan lemak jahat menggelayut? 

Oke lah, kalau yang badannya emang gede karena tulang besar. Oke. Tapi lihat lagi, itu beneran tulang besar, atau lemak yang menumpuk? Ada bedanya. Satu hal lagi yang perlu dipahami: kegemukan itu nggak selalu berbanding lurus dengan berat badan. Jadi sebenarnya ngukurnya jangan dari berat badan karena bisa saja itu masa otot atau kepadatan tulang. Aku punya temen yang berat badannya itu 60 kg lebih hampir 70 kg, padahal tinggi badannya nggak jauh beda sama aku, mungkin 165 cm atau 167 cm (nggak tahu karena belum pernah nanya apalagi ngukur). Idealnya, berat badan dia sekitar 55 kg atau 57 kg. Namun dia nggak kelihatan gendut sama sekali. Sebadan otot samua. Badannya emang kelihatan besar sih, tapi kenceng semua. Pakai baju juga tetep bagus, pinggangnya langsing, perutnya rata. 
Illustration from The Daily Beast

Alasan-alasan Orang Nggak Mau Diet 

Gemuk Faktor Keturunan?

Banyak yang menyalahkan kegemukannya pada faktor keturunan. “Aku terlahir gemuk, papa-mamaku gemuk, makanya aku juga gemuk,” *sambil nggak berhenti ngunyah makanan. 

Oke, gini, memang ada yang namanya bakat gemuk dan bakat kurus. Kalau dalam bahasa Jawa istilahnya ‘pawakan’. “Cah kae pawakane ncen lemu, diet yo ra bakalan kuru.” “Cah kae pawakane ncen kuru, mangan okeh ya tetep wae kuru.” 

Illustration from freepik

Dan yess, memang ada gadis-gadis menyebalkan yang makannya itu banyak tapi nggak gemuk-gemuk. T__T Aku punya beberapa temen yang kayak gitu. #iridengki 

Makannya lhooo, banyak banget. Kalau di warung prasmanan pasti nambah nasi, bungkus nasi di warteg mintanya porsi cowok. Kalau bikin mie instan kemasan wajar bikinnya dua, pakai telur dua. Habis itu masih ngemil-ngemil roti isi. Dan nggak gemuk blas! Perutnya keliatan mlembung aja enggak. Sementara aku sekadar makan cilok sepuluh butir aja perutnya langsung kelihatan melar. T__T

Nah, aku ini tipe satunya. Yang bakat gemuk. Embah putriku gemuk banget, tante dan om-omku semuanya gemuk. Cuma ibuku yang nggak gemuk karena dietnya ketat banget seumur hidup. Hahaha. Kalau ibuku sampai kendor dikit dietnya, seminggu langsung naik 7 kilo. Serius! 

Aku pun sama kayak ibuku. Jadi aku ngemeng kayak gini bukannya sok tahu aja dan nggak mengerti perasaan kalian. Aku mengerti, sepenuhnya. Aku kalau makan nasi putih sehari tiga kali selama tiga hari berturut-turut pasti langsung naik gaes, minimal dua kilo, seriously. Dulu berat badanku pernah sampai hampir 60 kg (aku idealnya 50). 

Jadi waktu itu jeda habis lulus SMA menuju masuk kuliah kan rada lama. Di rumah aku makannya teratuuur banget. Sehari tiga kali (selalu pakai nasi putih), dan ngemilnya banyak. Nggak nyadar, ternyata aku jadi gemuk banget oemgeeee. Tapi untungnya cuma bentar, belum nyampe 60kg aku udah keburu nyadar dan segera bertaubat. Ngontrol pola makan, ngurangin nasi putih. 

Apakah sukses? Sukses lah. Dari dulu berat badanku segini-segini aja. Paling banter mentok di 52 kg dan itupun aku udah panik. Hahaha. 

Nggak Apa-apa Gemuk yang Penting Sehat

Tadi aku habis bilang ke temenku yang lagi sakit, “Nggak apa-apa gemuk yang penting sehat dulu.” Kenapa aku ngomong gitu? Soalnya dia lagi sakit. Maksudku, makan aja dulu yang banyak sampai pulih nggak apa-apa. Tapi bukan berarti oke, kamu sana gemuk aja yang penting sehat. Aku nggak setuju banget sama kalimat satu ini. 

Yahh, aku nggak ngerti sih kalau orang lain, tapi aku pribadi kalau pas gemuk itu justru merasa nggak sehat. Ya itu tadi, gerak aja rasanya jadi lamban, tubuh rasanya berat, nggak lincah. Trus aku selalu merasa badanku nggak enak. Mungkin karena banyak lemak itu kali ya? Jadi banyak impurities

Dan anehnya, kalau aku udah agak gemuk gitu, pasti diikuti dengan pusing-pusing, lemes, nggak enak badan, dst. Dari situlah aku tahu kalau emang kondisi badanku lagi nggak bener. 

Trus aku ngebenerinnya gimana? Aku puasa. Bukan puasa yang cuma mindahin jam makan dan malah makan lebih banyak plus nambah yang manis-manis yaa. Enggak. Aku puasanya dengan cleansing. Atau istilah lainnya detox. Biasanya tiga hari aku nggak makan selain sayur dan buah, trus konsumsi air putih aku banyakin (di hari normal itu aku minum air putih sekitar dua liter, kalau pas cleansing tak tambah jadi tiga liter), nggak minum manis, nggak minum kopi. Selama proses situ biasanya aku mencret-mencret, wkwkwk. Tapi habis itu badan jadi enteeeeng banget nget. Merasa sehat, pandangan lebih jelas, bisa tidur nyenyak, dll. 

Illustration from Beauty and Go

Itu metode cleansing ngawur yang aku karang-karang sendiri. Works best on me, tapi aku nggak nyaranin kalian lakuin yang sama karena belum tentu hasilnya bakal sama. Kalau mau cleansing atau detox mending tanya sama ahlinya aja. 

Sudah Menikah dan Punya Anak

"Ya maklum lah, cewek single. Belum menikah dan punya anak."

Oke, jadi badanku sekarang kayak gini itu bukan ‘gift’ yang jatuh dari langit. Aku mengusahakannya. Aku ngatur pola makan dan rajin olahraga. 

“Ya tapi kaaan, kamu belum punya anak. Kalau udah punya anak beda lagi ntar.” 

Iya, aku nggak menyangkal itu. Semua ibu hamil pasti naik berat badannya. Bahkan yang kurus bangetpun tetep pasti naik. Apalagi sambil menyusui, makannya harus banyak soalnya kan kebutuhan nutrisinya meningkat jadi buat dua orang. Tapi apakah mengembalikan bentuk tubuh ke ideal pasca melahirkan dan menyusui itu mustahil? Kayaknya kok enggak. 
Illustration from Colourbox

Dulu aku lihat ibuku pas hamil dan menyusui juga jadi gemuk. Pas menyusui juga makan banyak. Tapi habis itu begitu stop menyusui, ibuku kembali ke jalan ninjanya, eh, ke jalan diet yang beliau lakukan selama ini dan sukses. Berat badan ibuku sekarang juga paling banter 50kg. Pinggangnya masih kecil meski emang, perutnya masih ada gelambir sisa hamil yang kayaknya emang agak susah buat diilangin. 

Tapi bentuk badannya secara keseluruhan masih bagus bangeeet. Ramping dan padat karena ibuku juga suka olahraga. Exercise nggak pernah skip tiap hari, minum jamu, makan sehat, minum banyak. Pokoknya dalam hal ini, ibuku tuh jauuuuh lebih disiplin daripada aku. Kalau disuruh ngikutin caranya Ibuku, aku belum tentu sanggup deh, beneran. Aku sih, males-malesan. Sering bolos. Lol

Sibuk, Jadi Nggak Punya Waktu Buat Olahraga

Oh, please. Planking itu buat beginner dua kali 30 detik aja cukup. Aku juga dulu gitu pas awal-awal. Masalahnya bersedia enggak melakukan itu? Saking sibuknya sampai semenit sehari aja nggak punya? Serius? Kalau kamu sekarang bisa baca postingan ini, berarti kamu sangat punya semenit waktu luang. Kalau foto-foto makanan dan posting ke IG sempat, berarti harusnya kamu sangat sempat buat planking atau wall sit yang cuma butuh semenit. Kalau sempet facebook-an nyetatus mampir njempol dan komen-komenan di sana sini sempat, … masih mau bilang nggak punya waktu?
 

Trus apa lagi? “Suamiku nggak ngasih uang trus aku nggak bisa pergi ke gym, ikut kelas yoga, dan bla bla bla?” Pliiiis, skipping itu bisa dilakukan dengan tali yang dibikin sendiri pakai karet gelang. Pasti pernah main lompat tali pakai karet gelang kan, waktu kecil? Lagian kalau cuma sit up, push up, back up, planking, dan wall sit, nggak perlu pergi ke gym dan beli peralatan mahal-mahal. Di kamar pakai celana kolor pun jadi. Balik lagi, bersedia enggak melakukan itu?

Ya intinya sih kalau mau gemuk dan nyaman dengan itu silakan aja, yang penting bahagia. Kan diri sendiri yang ngerasain. Adele aja bahagia sama badannya dan malah ngeluarin plus size dress line. Aku juga nggak pernah menghina orang yang badannya gemuk kok. Selama masih merasa sehat, nggak terganggu, tetap lincah, dan bahagia ya silakan aja. Tapi ya terus terang aja bilangnya “Aku males olahraga sama atur pola makan, Pel. Aku kayak gini bahagia kok.” Jujur aja. Bukankah itu bagian dari menerima diri sendiri dan mencintai diri apa adanya? Tapi jangan ngeles trus menciptakan excuse. Karena yang gemuknya udah keterlaluan aja bisa turun berat badan dengan bersedia keringetan. “Sweat until you happy,” mereka bilang. 

Kalau kamu bahagia sama apapun bentuk badan kamu, berbahagialah! Tapi sekali lagi, jangan cari-cari alasan pembenaran, apalagi menghujat cewek lain yang badannya bagus sebagai “Enggak pengertian”. Mencintai tubuh sendiri apa adanya itu memang wajib. Tapi lihat lagi yang dimaksud apa adanya itu sebenernya apa sih? Tubuh pendek, pantat tepos, tetek tipis, hidung pesek, dan sebagainya itu apa adanya. Nggak ada yang bisa kita lakukan untuk mengubahnya kecuali melalui jalan operasi. Tapi gemuk? 

Jujur aja dan santai. “Aku gemuk, dan aku nggak mau melakukan apapun untuk mengubahnya.” Jangan marah sama orang lain kecuali orang itu membully kegemukanmu. Nggak usah ngeles dan baper kalau ada orang yang posting aktivitas work outnya dan keberhasilan dietnya. Bahagia aja kayak biasanya. Kalau masih sibuk ngomenin keberhasilan diet orang sementara diri sendiri cari-cari alasan pembenaran atas kegemukan, berarti justru aslinya nggak nyaman sama kondisi itu dan diam-diam pengen punya badan ideal tapi males aja. Hahahaha. 

Kalau aku pribadi, bela-belain atur pola makan dan olahraga bukan semata karena kepengen langsing, tapi juga karena aku pengen sehat, dan sebenernya sih itu tujuan utamanya. Ilangin lemak jahat biar kalau pun seandainya badanku gede karena tulang gede, itu bener-bener tulang sama otot, bukan lemak yang menumpuk. Badan sehat membuat kita bahagia, percaya deh. Kan di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. :p

Yang jelas sih kalau emang merasa nggak nyaman sama kelebihan berat badan dan kepengen berat badan yang ideal, itu sangat bisa diusahakan. Lucunya, aku sering lihat orang yang gemuk dengan alasan emang bakat dan atau tulang besar, tapi postingan sosmednya foto makanan mulu dengan caption “Makan terus, kapan dietnya?” Hadeeh. Jawab sendiri lah.


Follow me on Instagram and Facebook.
Email: istharpelle@gmail.com

You May Also Like

0 komentar