Sepuluh Rahasia Kecantikan Kulit yang Kamu Harus Tahu

by - Juli 24, 2017



Image source: iStock


Kulit sehat, kulit sehat, kulit sehat. Aku nggak minta banyak kok, Tuhan. Aku nggak minta mukaku berubah jadi kaya Barbie dalam waktu semalam. Aku nggak minta putih kaya artis Korea. Permintaanku sederhana: kulit sehat. Gapapa item yang penting sehat. Is that too much to ask? 

Hai, gengs! Di antara kalian adakah yang merasakan penderitaan serupa denganku? Pengen kulit sehat aja kok berasa minta roket buat dipakai ngapel ke bulan. Susaaaaaah. Sebenarnya, kaya yang sering aku ceritain, kulit tubuhku sih baik-baik aja. Yang bikin pening itu kulit wajah. Gimana sih ini, kok nggak bersih-bersih. Aku sempat berpikir kayaknya satu-satunya jalan emang harus berobat ke dokter deh. Kalau enggak ke klinik kecantikan yang mahal-mahal itu. Ini sebenarnya sudah jadi perdebatan lawas antara diriku melawan diriku sendiri. Ke klinik nggak ya, ke klinik nggak ya? Tapi sisi diriku yang pelit selalu menang. Mending duitnya neng pakai buat beli buku kak, biar pinter. Tapi kulit sehatnya gimana?

Akhirnya bermodal kuota untuk ngebrowsing (yang pastinya jauuuuh lebih murah ketimbang buat ke klinik), aku menemukan harta karun. Sepuluh rahasia kulit sehat yang bakal bikin kita, ciwi-ciwi manis tapi pelit ini nggak usah ngeluarin duit banyak-banyak buat ke klinik atau dokter kulit. Beberapa poinnya klise dan pasti udah banyak yang udah tahu. Udah sering aku bahas juga. Tapi beberapa aku malah baru tahu. 

Jadi apa aja coba, sepuluh rahasia kulit cantik itu?

Double Cleanse

Image source: Dreamstime


Yes, aku udah sering bilang. Double cleanse gaes. At least dua kali sehari. Aku melakukannya? Of course, I did it every day. Yang aku nggak tahu adalah, aku melakukannya dengan urutan yang salaaaaaah. Biasanya aku kalau habis pulang aktivitas gitu, cuci muka dulu dengan alasan biar langsung bersih, baru habis itu pakai cleanser buat ngangkat sisa kotorannya. Which is wrong! Bersihin muka langsung pakai sabun sebelum pakai pembersih itu cuma ngasih kita perasaan bersih bohongan. Kayaknya sih bersih. Padahal malah mendorong kotoran masuk lebih jauh ke pori-pori. Idiiih, pantesan eike jerawatan cyiiiin.

Jadi urutan yang bener adalah pembersih dulu. Angkat semua kotoran dan make up baik dengan milk cleanser, make up remover, atau micellar water, terserah kamu cocoknya yang mana. Habis itu baru cuci muka pakai sabun yang lembut. Gitu! Baiklah, mulai hari ini aku insyaf dan mengubah urutannya. Gila yah gengs, cuma salah urutan bisa bikin jerawatan. *nangis tersedu-sedu

Pakai Toner

 
Image cource: depositphotos

Kalau kulit udah bersih, pakai toner. Toner itu fungsinya antara lain meringkas pori-pori, mengunci kelembaban kulit, dan yang paling pasti adalah menyiapkan kulit untuk menerima pinangan pelembab. Jadi kalau udah pakai toner, pelembab yang kamu pakai bakal jadi lebih nampol gituuuh. 

Pelembab

Image source: goldengateobgyn
Ah, this is too obvious, Pel. Haha. Bener juga. Kalau udah siap kulitnya ya segera dilamar dipakaiin pelembab doong. Pelembab ini harus selalu dipakai, baik kalian mau kencan maupun menghabiskan malam minggu yang menyedihkan nonton drakor sendirian di kosan. Nggak boleh dibeda-bedain ya. Jangan mentang-mentang jomblo trus males pakai pelembab. Jomblo aja sudah susah. Apalagi tambah kulit kusem?

Mengurangi Kafein

Image source: pinterest.
Oooooh, puja dewa kopiiii! Aku nggak bisa, nggak bisa, nggak bisaaaaaa! Tolong langkah yang satu ini boleh diganti nggak? Sayangnya enggak gengs. Ini memang satu kenyataan yang menyakitkan penggemar kopi di manapun berada. Bahkan aku yang level minum kopinya baru sebatas peminum kopi sachetan pun rasanya pengen mengajukan banding. Tapi yaah, untung saja sih di sini keterangannya mengurangi aja kok, nggak yang bener-bener putus hubungan. 

Btw, kenapa sih Pel kok harus mengurangi kafein? Karenaaaaa, kafein itu bikin kulit jadi kering (pantesan kulit aku kering byaaanget). Dan kulit kering kalau dibiarin lama-lama bisa jadi kerutan (OH NO!) atau kalau di kasusku, over dryness menyebabkan jerawat. Baiklah kalau begitu. Saya pramuka Indonesia, dengan ini berjanji akan mengurangi kafein. Dan oh yaaa, pastikan kamu minum dua gelas air putih untuk setiap cangkir kopi yang kamu minum yes. Ini untuk memastikan sisa kafein dikeluarin secara sempurna dari sistem tubuh. Okai okai okai?

Mengurangi Gula

Image source: wikihow
Konon, gula itu sudah menjadi semacam kokain buat generasi kita. Bikin kecanduan, dan sialnya ada di mana-mana. Coba, makanan apa coba yang nggak mengandung gula? FYI, kebanyakan gula itu selain bisa menyebabkan kegemukan juga meningkatkan gula darah yang bisa menyebabkan inflamasi, merusak kolagen dan elastisistas kulit, menyebabkan jerawat, dan rosasea. I know, I know. Aku juga terpukau pas pertama kali baca fakta menggiriskan itu. Jadi masih mau konsumsi banyak-banyak gula? Kelar idup lo! 

Aku sih udah sejak agak lama mulai mengurangi. Mengurangi ya sekali lagi. Kalau misalnya biasanya bikin kopi gulanya dua sendok, aku kurangi jadi satu tiga perempat (ganiat -_-). Nggak ding, rada banyak lah aku menguranginya. Dan efeknya sudah lumayan banyak kurasakan. Contoh realnya, dulu aku sama Ibing itu peminum soda berat. Tiap hari minum soda, dan kalian tahu kan, minuman bersoda itu gulanya banyak bangeeet? Dulu aku ngerasa biasa-biasa aja, tapi setelah lamaaaa nggak minum soda dan lamaaaa mengurangi gula, sekalinya minum soda aku terkaget-kaget karena astagaaaa, manis banget ternyata. Jenis manis yang bikin pusing. Sekarang sih daripada minum soda, mending aku pandangin senyum manis kamu ajah. 

Minum Air

Image source: meditoall
Ini sih nggak usah ditanya. Aku minum itu banyak banget seharinya. Bukan karena mengikuti anjuran kesehatan, bla bla, bla, tapi simply karena aku gampang haus anaknya. Hahaha. Jadinya minuuuuuum terus. Anehnya, sekalipun aku minum terus, kaya nggak ngaruh gitu ke kulit. Soalnya aku juga pipis terus. Jadi airnya cuma kaya lewat-lewat aja gitu. Makanya kulit aku tetep aja kering.

Padahal ya, seharusnya, kalau yang sistem tubuhnya itu normal, minum air putih bisa membantu kulit jadi bersih, lembab, dan glowing lohh. Selain itu, minum cukup air juga membantu menjaga ikatan kolagen dalam kulit, gengs! Jadi jangan sampai kekurangan asupan air yah. Udah cukup kekurangan kasih sayang aja. Kekurangan air, jangan. 

Masker Alami

Image source: shutterstock.
Terus terang, aku anaknya terlalu malas kalau tiap kali mau maskeran harus bikin-bikin dulu, ngaduk bahan ini itu. Jadi aku kalau maskeran ya pakai yang udah jadi aja. Praktis. Yang penting aku pastiin kalau bahan-bahannya alami juga doooong. 

Tapiii kalau kalian anaknya nggak malesan kaya aku, mending bikin masker sendiri. Udah jelas alami, lebih sehat, lebih hemat. Ya kan ya kan? Banyak sih, resep masker alami. Tapi yang paling gampang itu pakai madu (madu murni lhoo ya, jangan yang campuran). Kenapa madu? Karena madu itu mengandung anti bakteri, bisa melembabkan, melembutkan, dan memberi efek glowing. Selain itu sih ada banyak bahan di dapur yang bisa dijadiin masker. Tergantung kebutuhan kulit kalian apa. Yang penting jangan LPG kalian jadiin masker. Aku nggak ngajarin lho ya. 

Vitamin / Suplemen

Image source: Dailymotion
Aku juga termasuk anak yang malas minum vitamin. Paling banter aku minum Sangobion. Itupun kalau udah bener-bener nggak tahan pusing akibat sakaw darah. 

Sebenarnya, konsumsi vitamin ini untuk memenuhi kebutuhan vitamin aja kok. Kalau misal makanan kalian sehari-hari sudah memberikan asupan vitamin yang cukup ya udah, nggak usah nambah vitamin enggak apa-apa. 

Bagi kalian yang pengen konsumsi vitamin tapi bingung kira-kira apa, aku sering baca kalau ekstrak kulit manggis itu bagus baanget buat kulit. Iyaaa, I know, ada produk yang iklannya gitu banget. Tapi di balik iklan yang gaje dan bully-able itu, ada produk yang emang bagus. Don’t judge a supplement by its theme song, gaes!

Olahraga

Image source: shutterstock
Kulit adalah organ hidup. Kulit memiliki peran yang sangat penting dalam tubuh kita. Antara lain adalah pembuangan racun melalui keringat. Makanya olahraga itu penting gengs. Selain bikin kita jadi keringetan, olahraga juga melatih kulit biar tetep lentur, elastis, dan kencang. Selain membantu kerja kulit dalam mengeluarkan toksin, olahraga juga bisa mengurangi stress. Stress kan bisa menyebabkan jerawat dan garis halus gaes. Nggak harus berat-berat kok. Yang penting rutin. Makanya mulai besok coba lari tiap sore. Siapa tahu ketemu mamas-mamas tampan yang lagi butuh dipuk-puk.

Facial

Image source: taylorfacialsandwaxing.com
Facial ini gunanya untuk membantu regenerasi kulit. Tapi khusus untuk langkah yang satu ini aku saranin pakai jasa professional deh. Enggak terlalu mahal kan kalau cuma facial aja? Kenapa pakai jasa professional? Ya biar bener-bener bersih dan nggak asal-asalan, kecuali kamu pernah dapet pelatihan facial, jadi bisa facial sendiri, itu baru nggak masalah.

Yuk, Pel, main facial-facial-an. Ha mbok ayo! Kamu jadi tukangnya yang ngefacial, aku jadi kasir yaa. :D

You May Also Like

0 komentar