Tips Kecantikan Buat Cewek Traveler

by - Maret 09, 2017



 
Image from elitedaily.com
Cewek dan jalan-jalan. Oh geeeez, aku bingung mau posting tulisan ini di mana. Di blog kecantikan apa di blog jalan-jalan? Tapi akhirnya aku memutuskan untuk mempostingnya di sini karena kalau di blog Madventura takutnya malah jadi out of topic. Kalau di sini kaaan nanti kemungkinan malah bakal jadi series tips-tips kecantikan lainnya, yes? Amiin. 

Namanya aja jalan-jalan. Sudah pasti melibatkan acara berhadap-hadapan dengan jalanan yang penuh dengan debu dan polusi yang nakalnya nggilani. 

Bukan masalah biar cantik, naaay. Lebih karena biar sehat aja gitu kulitnya. Sekarang bayangin deh. Di jalanan, kena debu dan polusi, kepanasan matahari. Itu bisa bikin kulit kusem, cepet tua, dan masalah kulit lainnya kalau enggak dirawat.

Lhaa makanya aku berbaik hati nih, ngasih tips kecantikan buat kamu yang hobi jalan-jalan. Terutama yang jalan-jalannya itu model mbolang pakai motor atau kendaraan umum dan panas-panasan yes. Kalau yang jenis jalan-jalan manjhaa naik mobil berAC trus udahannya nongkrong di mall sama di kapeh-kapeh sih nggak termasuk.

Pakai Masker


Maksudnya masker kain yang dipakai pas naik motor itu lho, bukan masker bengkoang. Kenapa? Ya biar muka kita yang cantik ini terlindung dari kejamnya pasukan debu gila lah. Sama pasukan polusi ngamuk juga. 

Masker kaya gini juga kan banyak yang lucu-lucu kan sekarang? Punyaku aja gambarnya Hello Kitty (nggak usah bilang-bilang). Selain melindungi kulit, masker kain kaya gini juga melindungi pernafasan gaes. Jadi selain buat kecantikan, ini juga semacam standar keamanan motoran gitu kan ya?

Sun Block
Order? Line: istharpelle

Sun block, sun block, sun block. Tuh, sampai tak tulis tiga kali kan? Kalian semua tahu artinya apa. Itu artinya saking wajibnya benda yang satu ini. Sun block is a must.

Why? Ya untuk melindungin kulit kita dari bahaya sinar matahari dong, dan bukannya biar putih. Sampai detik ini aku masih sering ketemu orang yang menganggap kalau pemakaian sun block itu hanyalah semacam kecentilan biar nggak item.

“Manja amat sih, pakai sun block segala.”
Bukan itu! Sun block tuh tujuannya bukan biar kulit nggak item, tapi biar kulit nggak terbakar. 

Aku nggak masalah sama warna kulit item. Seneng malah. Tapi kulit terbakar? No! Kalian yang punya kulit gampang terbakar pasti mengerti perasaanku kan? Perih, kak. 

Belum lagi efek sinar UV yang jahat itu. Makanya sun block ituh barang wajib. Kalaupun nggak ada sun block ya pakai lotion yang SPFnya minimal 30 lah ya. Aku sendiri selalu reapply tiap beberapa waktu sekali. Soalnya kulitku gampang banget terbakarnya.

Foundation/ BB Cream
Order? Line: istharpelle

Lah, ngapain? I know, ini pasti terdengar aneh (dan sekali lagi centil mungkin).

Tapi aku yakinkan kalian ya, poin yang satu ini sama sekali tidak dimaksudkan untuk centil-centilan “Biar kalau ketemu mamas ganteng jombloh kulit kita terlihat halus rata sempurnah,” bukan itu. 

Melainkan ini: biar selama di jalan, kalau ada pasukan debu gila yang berhasil menembus pertahanan masker kain, debunya nggak langsung menyerang kulit, tapi menempel di foundie. Nantinya ketika itu foundie kita bersihkan, debunya ikut lari juga. Gitu lho.

Tentu saja harus dibarengi dengan langkah membersihkan wajah sesegera mungkin setelah selesai jalan-jalan lah. Ingaat, cara membersihkan muka yang benar itu pakai make up remover first (atau pembersih kesukaan kalian terserah), facial wash later. Jangan kebalik. Aduuh, aku juga nggak akan jelasin detil soal itu di sini, bisa panjang nanti. Nanti aku ceritain di postingan lain yes. 

Lip Balm
Order? Line: istharpelle

Lip balm juga maha penting buat melindungi bibir. Menjaganya tetap lembab, nggak kering dan apalagi sampai retak pecah (oh no!). Pilih yang mengandung SPF juga jangan lupa.

After Care

Kalau selama main kalian mau dandan atau nggak dandan itu terserah kalian saja. Yang penting itu udahannya. Begitu pulang, jangan lewatkan perawatan. Scrubbing buat ngangkat daki, eh kotoran dan sel kulit mati, trus maskeran, untuk mengembalikan vitalitas kulit yang mungkin agak terganggu selama perjalanan.
 
Order? Line: istharpelle
Kalau misalnya kalian jalan-jalannya itu lama, beberapa hari gitu, bisa juga sangu masker siap pakai (yang udah bisa langsung pakai tanpa harus ngaduk-ngaduk dulu gitu maksudnya biar nggak ribet) untuk dipakai pas istirahat malem. Kaya Pure Skin sachet scrub/ masker yang praktis banget itu lohh.

Catatan MadBelbie

          Nggak usah dandan yang terlalu lebay dan kumplit lah kalau mbolang. Kadang aku ketemu mbak-mbak itu yang dandannya aduhai menor sekali. Bahkan pakai bulu mata palsu segala. Outfitnya maxi skirt bahan siffon dan pakai wedges.

          Iya, kalau buat jalan di mall, nonton, nyore ngeteh di kapeh sambil baca buku sih itu cakep, cantik sekali. Tapiii, aku ketemu mbak yang kaya gitu itu di mana jal? Di air terjun. Yang medannya itu melibatkan jalan setapak nanjak licin berlumpur. Akibatnya ya pacarnya si embak jadi bawain wedgesnya (yang 9 cm itu) karena si embak sibuk nyincing roknya yang sudah terlanjur kotor kena lumpur dan basah.

          I knoooow, aku juga bukan jagoan fashion yang tampil modis setiap saat, tapi seenggaknya kan bisa lah ya menempatkan diri. Main ke mana, pakai bajunya apah. Untung sih aku mainnya di kebon mulu palingan. Pakai kaos sama celana aja jadi, jendral. lol

Oke ya? Eh, udah, segitu aja? Iya, nggak usah banyak-banyak. Yang perlu digarisbawahi dari tips kecantikan buat cewek traveler ini cuma ada dua sebenernya: perlindungan dan kebersihan. Udah, itu aja. 

Kalau ada yang mau nambahin boleh lho yuk, bagi-bagi tipsnya.

You May Also Like

0 komentar